News‎ > ‎

Humas Harus Cerdas Hadapi Wartawan

posted 13 Dec 2011, 21:45 by Evelina Simanjutak

Tribunnews.com - Rabu, 14 Desember 2011 12:13 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Humas-humas pemerintahan kabupaten maupun kota harus cerdas menghadapi pekerja pers. Pasalnya, humas adalah garda terdepan pemerintahan yang bersentuhan dengan wartawan.

Hal tersebut diungkapkan Redaktur Harian Tribun Medan, Bantors Sihombing dalam acara Workshop Citizen Reporter yang digelar Tribun Medan, Rabu (14/12/2011).

Acara yang diikuti beberapa humas pemkab/pemko ini berlangsung di Danau Toba Room, Hotel Delta, Jalan Juanda, Medan.

Menurut Bantors, di era reformasi saat ini sangat menjamur media-media. Mulai media cetak yang harian, mingguan, bahkan bulanan.

Media online maupun media elektronik. Sehingga jumlah wartawan juga sangat menjamur.

Namun, Bantors, di hadapan seluruh peserta menekankan agar humas-humas selektif menghadapi wartawan. "Harus bisa membedakan mana yang benar-benar wartawan dan mana yang bukan," ujarnya.

Pasalnya, semua wartawan memang memiliki kartu pers, tetapi tidak semuanya yang memiliki kemampuan untuk menulis. Sehingga harus selektif untuk mengakomodir para kuli tinta tersebut.
"Kita harus lihat juga medianya, benar-benar media yang kompeten atau tidak," tambahnya.

Workshop Citizen Reporter ini berlangsung dua hari. Mulai hari ini, Rabu (14/12/2011) hingga Kamis (15/12/2011). Adapun peserta yang hadir di antaranya Humas Pemkab Langkat, Pematangsiantar, Serdangbedagai, Binjai, Deliserdang, Dairi, dan Samosir.

Sumber: Tribun News

Comments