News‎ > ‎

Sosialisasi Materi Pelatihan Untuk Calon TKI dengan Tujuan Negara Timur Tengah

posted 4 Sep 2012, 01:56 by Mira Kartawijaya   [ updated 4 Sep 2012, 02:02 ]
Harapan untuk hidup lebih baik mendorong banyak orang pergi bekerja ke luar negeri, khususnya negara-negara Arab. Banyak di antara mereka yang berhasil, tapi tidak sedikit yang mengalami beragam masalah. Kurangnya pemahaman mengenai hak-hak sebagai pekerja, ketidaktahuan mengenai perbedaan budaya dan kondisi kerja yang berbeda, serta kurangnya pelatihan keterampilan yang mereka butuhkan, merupakan beberapa penyebabnya.

Sangatlah penting untuk membekali calon TKI dengan pengetahuan mengenai hak mereka sebagai pekerja, budaya dan kondisi kerja di negara tujuan serta meningkatkan keterampilan kerja mereka – hal ini dapat menghindarkan mereka dari ancaman eksploitasi dan tindakan kekerasan. Peningkatan kualitas calon TKI inilah yang selalu diupayakan pemerintah (dalam hal ini BNP2TKI) bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk LSM yang peduli dengan nasib para TKI.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelatihan calon TKI di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) yang mana pada akhirnya akan meningkatkan kualitas TKI itu sendiri, maka pada hari Rabu tanggal 5 September 2012, Kepala BNP2TKI, Muh. Jumhur Hidayat meluncurkan materi pelatihan baru yang akan membantu para TKI untuk mempersiapkan diri mereka dengan lebih baik sebelum bekerja di negara-negara Arab.

Materi pelatihan (training kit) yang berisi dua buah video pelatihan dan permainan ‘Mimpi Musafir’ diserahkan secara resmi kepada lebih dari 150 Kepala BLKLN dan Direktur PPTKIS saat acara sosialisasi dan konferensi pers pada pukul 2 siang di Auditorium BNP2TKI, Jl. MT. Haryono Kav. 52 – Jakarta Selatan.

Jumhur Hidayat mengatakan: “Sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa pekerja migran kita dilatih agar dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan sadar akan masalah-masalah yang mungkin mereka hadapi, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk bekerja di luar negeri. Materi pelatihan ini adalah alat berharga yang dapat membantu pekerja migran untuk mempelajari hak-hak serta keterampilan yang mereka butuhkan dan kami ingin agar semua BLKLN dan PPTKIS menjadikannya sebagai materi utama dalam membantu persiapan para pekerja migran untuk bekerja di luar negeri.

Video pertama mengenai budaya direkam di Yordania dan menunjukkan bagaimana rasanya tinggal di negara Arab, dengan semua perbedaan budaya, makanan dan lingkungan disana. Video ini menampilkan pekerja-pekerja migran yang sedang dibantu oleh KBRI, LSM lokal dan agen di Yordania. Ada juga pekerja-pekerja migran yang terlibat masalah, yang memberi peringatan dan nasihat untuk calon-calon pekerja migran yang akan berangkat ke negara Arab.

Video kedua mengenai bahasa dan keterampilan yang syutingnya dilakukan di BLKLN Alfindo Mas Buana di Jakarta, yang menunjukkan kepada para pekerja migran bagaimana cara melakukan pekerjaan rumah, kata-kata dan kalimat penting yang perlu mereka ketahui dalam bahasa Arab. Kata-kata dan kalimat dalam video diucapkan oleh orang Arab asli, sehingga para calon TKI dapat membiasakan diri mendengar dialek asli calon majikan mereka.

Papan Permainan, yang dapat dimainkan oleh para calon TKI pada sore atau malam hari, berisi kartu-kartu yang harus diambil dan
dibacakan, yang memperkuat pesan-pesan dari video yang telah mereka tonton, termasuk masalah hak pekerja, hukum di negara Arab, tips keterampilan dan bahasa. Ini adalah sebuah metode dimana calon TKI dapat belajar dengan cara yang menyenangkan.

Pada saat sosialisasi dan konferensi pers, cuplikan-cuplikan dari masing-masing video akan diputarkan. Video pendek yang menunjukkan bagaimana cara memainkan permainan papan yang terdapat dalam materi pelatihan juga akan ditunjukan nanti.

Pembuatan materi pelatihan ini dilakukan oleh OnTrackMediaIndonesia (OTMI), suatu LSM lokal yang bergerak di bidang penyadaran publik dengan dukungan OSF dan Yayasan TiFA. Materi pelatihan ini juga akan disebarkan ke LSM-LSM serta organisasi lain yang terlibat dalam pelatihan calon TKI dengan negara tujuan Timur Tengah. (mrk)
Comments