Ontrackers‎ > ‎

Imunisasi Campak dan Polio di Kota Bandung Nyaris tanpa Kendala

posted 20 Nov 2011, 23:30 by Evelina Simanjutak

  Senin, 21/11/2011 - 04:51

BANDUNG, (PRLM).- Pelaksanaan kampanye imunisasi tambahan campak dan polio di Kota Bandung yang berlangsung 18 Oktober-18 November 2011, tidak menemui kendala yang berarti. Vaksin yang digunakan mencukupi kebutuhan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rita Verita Sri H., M.M., M.H.Kes., kepada "PRLM" di Bandung, Minggu (20/11). “Hampir tidak ditemui kendala dalam pelaksanaan kampanye imunisasi tambahan tersebut,” katanya.

Menurut Rita, kendala yang ditemui paling ketika dilakukan screening ketahuan anak sedang tidak sehat sehingga imunisasi terhadap anak tersebut ditunda dahulu. Setelah anak sehat petugas kesehatan melakukan jemput bola ke rumah anak tersebut dan dilakukan imunisasi langsung di rumah anak itu. “Atau orangtua anak tersebut kita minta datang ke pos pelayanan karena waktu pelayanan cukup panjang,” katanya.

Ditanya ketersediaan vaksin yang digunakan untuk keperluan tersebut, Rita mengatakan memenuhi kebutuhan karena kebutuhan vaksin sudah dihitung sedemikian rupa dan didrop langsung dari pusat. Namun, belum dihitung ada tidaknya sisa vaksin tersebut. “Belum kita hitung ada tidaknya sisa vaksin,” ungkapnya.

Rita juga mengatakan pelaksanaan kampanye tambahan imunisasi campak dan polio ini tidak mengalami kesulitan pada tempat-tempat pemukiman yang tergolong elite. Orangtua anak ada yang membawa anaknya untuk diimunisasi di dokter pribadi anak, ada yang dilayani di pos pelayanan, ada juga yang dijemput bola.

“Anak yang diimunisasi di dokter pribadi, datanya kita ambil. Ada juga anak yang kita kunjungi langsung jemput bola dan diimunisasi di rumahnya. Di Kota Bandung, pada kampanye tersebut untuk polio sudah mencakup sebanyak 168.617 atau 96,8 persen, sedang untuk campak tercakup 143.521 anak atau mencapai 95,9 persen. Data ini sampai 18 november 2011,” paparnya. (A-62/A-88)***


Sumber: Pikiran Rakyat Online

Comments