Ontrackers‎ > ‎

Satu lagi, Pasien Suspect Flu Burung Dirawat

posted 24 Oct 2011, 00:47 by Evelina Simanjutak   [ updated 15 Nov 2011, 03:59 by Horea Salajan ]

Padang



 Padang Ekspres • Berita Kesehatan • Sabtu, 07/05/2011 08:30 WIB

Berdasar informasi yang dihimpun Padang Ekspres, Senin (1/5), enam ekor ayam peliharaan orangtua bocah, Susilawati 31, mendadak mati di halaman rumah. Melihat kejadian itu, Susi langsung menggali lubang guna membakar dan menguburkan ayam yang mati tersebut.
Namun nahas, Susi tidak menyadari anaknya Lutfi mengikutinya asyik bekerja mengemaskan ayam peliharaannya yang mati tergeletak di halaman.
“Setelah kejadian itu, Lutfi deman panas dan kami menyuruh ibunya (ibu Lutfi-red) membawa Lutfi berobat ke Puskesmas Pembantu di Nagari Geragahan. Tapi demam Lutfi tidak kunjung sembuh,” kata Yusniati, tetangga Lutfi, kepada Padang Ekspres, Jumat (6/5).
Panas Lutfi, cerita Yusniati, tak kunjung turun. Lutfi pun dibawa berobat ke RSUD Lubukbasung.
Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra menjelaskan, dari laporan perkembangan kejadian tersebut, Kamis (5/5), pukul 08.00 WIB orangtua Lutfi membawa berobat ke RSUD dengan gejala demam suhu 37 derajat C, batuk dan sesak napas.
“Dengan kondisi demikian, pasien diobservasi dan roentgen. Berdasar hasil pemeriksaan tersebut pasien suspect flu burung dan dirujuk ke RSUP M Djamil, Kamis itu juga pukul 11.00 WIB,” kata Indra.
Terpisah, Kepala Dinas Perternakan Agam M Kamil, mengimbau masyarakat bersedia memusnahkan ayam mereka. Paling lambat Senin depan, hasil laboratorium ayam milik Susi positif terjangkit flu burung maka pihaknya akan melakukan pemusnahan ayam secara massal. 
Comments