Ontrackers‎ > ‎

Sukabumi Waspadai Flu Burung

posted 2 Dec 2011, 03:00 by Evelina Simanjutak
Selasa, 29 November 2011 - 17:45 WIB

SUKABUMI (Pos Kota) –  Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memperketat pengawasan masuknya hewan unggas ke wilayahnya.

Tindakan ini untuk mengantisipasi masuknya wabah flu burung dari luar daerah. Terlebih, sepanjang 2011 ditemukan ada lima kasus flu burung tiga kecamatan.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Asep Sugianto menjelaskan, lima kasus virus H5N1 ditemukan di tiga kecamatan yakni di Bojonggenteng, Jampang Tengah, dan Parakansalak. Temuan tersebut berdasarkan  hasil rapid tes yang menyatakan positif flu burung.

Dijelaskan Asep, merembaknya flu burung disebabkan banyak faktor. Peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan, misalnya. Faktor lainnya yakni masuknya virus H5N1 dari wilayah lain. Untuk itu, disnak akan memperketat lalu lintas unggas di perbatasan yaitu daroi Bogor dan Cianjur.

Lebih lanjut Asep memaparkan, penangana terhadap unggas positif flu burung langsung langsung ditindaklanjuti dengan menerapkan sembilan standar operasi (SOP) penanganan flu burung.

“Mulai menggencarkan (biosecurity) penyemprotan kandang unggas, pemusnahan unggas terbatas, dan vaksinasi. Kita juga memberikan sosialisasi tentang flu burung kepada masyarakat sekitar yang memelihara unggas,” ucapnya. Menurut Asep, dari temuan virus flu burung ini mayoritas terjadi di peternakan rakyat.

Sementara peternakan yang dikelola perusahaan besar saat ini sudah terbebas dari penyakit tersebut “Jumlah kasus flu burung sekarang menurun apabila dibanding dengan tahun 2007 lalu. Tahun ini hanya lima di tiga kecamatan, sementara pada 2007 kasus flu burung terjadi di 26 kecamatan. (sule/dms)

sumber: poskota.co.idhttp://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/11/29/sukabumi-waspadai-flu-burung

Comments